Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pondasi Batu Bata serta Kelebihan dan Kekurangannya



Apakah pengertian dari pondasi batu bata yang sebenarnya? Pondasi batu bata adalah pondasi yang terbuat dari material batu bata sebagai bahan utamanya. Seluruh batu bata ini disusun sedemikian rupa untuk membentuk suatu pondasi yang mampu menahan beban bangunan di atasnya kemudian meneruskannya ke dalam tanah. Karena memiliki daya dukung yang tidak terlalu tinggi, pondasi batu bata biasanya diterapkan pada konstruksi yang sederhana.

Tahukah Anda, pondasi merupakan struktur yang berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan ke lapisan tanah pendukung yang terletak di bawahnya. Banyaknya ragam bangunan dengan karakteristik yang berbeda-beda saat ini mendorong terciptanya beragam pondasi yang terbuat dari berbagai material. Salah satunya ialah pondasi batu bata yang menggunakan batu bata sebagai bahan bakunya.

Selain biayanya yang cukup murah, banyak orang memilih pondasi batu bata lantaran proses pengerjaannya yang sederhana sehingga menghabiskan waktu relatif singkat. Kendati demikian, pondasi ini tetap mampu memberikan jaminan keamanan bangunan dan kedudukan strukturnya. Nah, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari pondasi yang satu ini?

Kelebihan Pondasi Batu Bata
Kelebihan-kelebihan dari pondasi batu bata antara lain :

1. Kebutuhan Anggaran Biaya Pembuatannya Rendah
Pondasi batu bata umumnya dipakai untuk mendukung bangunan yang mempunyai konstruksi sederhana dan berada di lahan yang stabil. Ukuran kedalaman galian tanah yang sering diterapkan berkisar antara 50-80 cm. Material utama pembuatannya terdiri atas batu bata, semen, dan pasir. Mengingat bahan bakunya yang tidak terlalu kompleks, biaya untuk membangun pondasi batu bata lebih rendah jika dibandingkan pondasi-pondasi yang lainnya.

2. Waktu Pengerjaannya Relatif Cepat
Pada prinsipnya, konstruksi pondasi batu bata ini mirip seperti pondasi batu kali. Cuma yang membedakan hanyalah material utama yang membentuknya. Selain itu, pasangan batu bata yang digunakan untuk membentuk pondasi ini juga lebih cepat mengering karena pori-porinya yang berukuran lebih besar. Dengan demikian, pondasi ini cocok diaplikasikan pada rencana pembangunan yang membutuhkan efisiensi waktu yang tinggi.

3. Memiliki Model Konstruksi yang Sederhana
Kelebihan lain yang dimiliki oleh pondasi batu bata adalah konstruksinya yang sederhana. Pengerjaan pondasi ini dilakukan langsung di tempat pembuatannya. Dimulai dari penggalian tanah, pembuatan adukan perekat, sampai dengan penyusunan batu bata. Sebab kesederhanaan konstruksinya itu pula pembuatan pondasi batu bata sama sekali tidak memerlukan bantuan alat berat.


Kekurangan Pondasi Batu Bata
Kekurangan-kekurangan pondasi batu bata di antaranya :
  1. Daya dukung yang dimiliki tidak terlalu kuat meski layak digunakan untuk menahan bangunan sederhana
  2. Tidak cocok diterapkan untuk mendukung bangunan-bangunan yang bertingkat
  3. Dibutuhkan galian tanah yang cukup banyak di sepanjang tempat pendirian struktur dinding bangunan
  4. Hanya dapat diaplikasikan apabila kondisi tanah di area pembangunannya cukup stabil
  5. Tingkat ketahanannya tidak terlalu bagus terutama jika sering terendam air

Posting Komentar untuk "Pondasi Batu Bata serta Kelebihan dan Kekurangannya"